gunginblog

Hakikat Pendidikan Anak di Sekolah Dasar

Posted on: December 30, 2010

Definisi Pendidikan

A.Definisi awam

Definisi awam : “Suatu cara untuk mengembangkan ketrampilan, kebiasaan

dan sikap-sikap yang diharapkan dapat membuat seseorang menjadi warga

negara yang baik”.

“Tujuannya untuk mengembangkan atau mengubah kognisi, afeksi dan konasi

seseorang”.

B. Menurut Kamus dan ensiklopedi

1.Kamus Besar Bahasa Indonesia : “pendidikann proses pengubahan

sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dl usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, pembuatan mendidik;”

2.Ensiklopedi Wikipedia: Education is a social science that encompasses

teaching and learning specific knowledge, beliefs, and skills. The word education is derived from the Latin educare meaning “to raise”, “to bring up”, “to train”, “to rear”, via “educatio/nis”, bringing up, raising.

C. Menurut Undang-Undang

1.UU SISDIKNAS No. 2 tahun 1989 : “Pendidikan adalah usaha sadar

untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran,

dan/latihan bagi peranannya di masa yang akan datang”;

2.UU SISDIKNAS no. 20 tahun 2003: Pendidikan adalah usaha sadar dan

terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat .

D.Menurut bahasa (etimologi)

1.Bahasa Yunani : berasal dari kataPedagog i, yaitu dari kata “paid” artinya

anak dan “agogos” artinya membimbing. Itulah sebabnya istilahpedag ogi

dapat diartikan sebagai “ilmu dan seni mengajar anak (the art and science

of teaching children).

2.Bahasa Romawi : berasal dari kataeducare, yaitu mengeluarkan dan

menuntun, tindakan merealisasikan potensi anak yang dibawa waktu

dilahirkan di dunia.

3.Bangsa Jerman : berasal dari kataErziehung yang setara denganeducare,

yaitu : membangkitkan kekuatan terpendam atau mengaktifkan

kekuatan/potensi anak.

4.Bahasa Jawa : berasal dari katapanggu lawentah (pengolahan), mengolah,

mengubah kejiwaan, mematangkan perasaan, pikiran, kemauan dan watak,

mengubah kepribadian sang anak.

E.Menurut para ahli pendidikan

1.Menurut para ahli, definisi pendidikan adalah “Berbagai upaya dan usaha

yang dilakukan orang dewasa untuk mendidik nalar peserta didik dan

mengatur moral mereka” (Warta Politeknik Negeri Jakarta, April 2007)

2.Langefeld : Mendidik adalah membimbing anak dalam mencapai

kedewasaan

3.Heageveld : Mendidik adalah membantu anak dalam mencapai

kedewasaan

4.Bojonegoro : Mendidik adalah memeri tuntunan kepada manusia yang

belum dewasa dalam pertumbuhan dan perkembangannya sampai tercapai

kedewasaan

5.Ki Hajar Dewantara mengartikan pendidikan sebagai daya upaya untuk

memajukan budi pekerti, pikiran serta jasmani anak, agar dapat

memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang

selaras dengan alam dan masyarakatnya.

6.Rosseau : Mendidik adalah memberikan pembekalan yang tidak ada pada

masa anak-anak, tapi dibutuhkan pada masa dewasa.

7.Darmaningtyas mengatakan tentang difinisi pendidikan yaitu pendidikan

sebagai usaha dasar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup dan

kemajuan yang ledih baik.

8.Paulo Freire ia mengatakan, pendidikan merupakan jalan menuju pembebasan yang permanen dan terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah masa dimana manusia menjadi sadar akan pembebasan mereka, damana melalui praksis mengubah keadaan itu. Tahap kedua dibangun atas tahap yang pertama, dan merupakan sebuah proses tindakan kultural yang membebaskan.

9.John Dewey, pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk untuk menghasilkan kesinambungan social. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana dia hidup.

10.H. Horne, pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) dari

penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.

11.Frederick J. Mc Donald, pendidkan adalah suatu proses atau kegiatan

yang diarahkan untuk merubah tabiat

 

F. Definisi menurut ilmu psikologi

Definisi psikologi : “Mencakup segala bentuk aktivitas yang akanmemudahkan dalam kehidupan bermasyarakat” dengan hasil : “Mencakup segala perubahan yang terjadi sebagai konsekuensi atau akibat dari partisipasi individu dalam kegiatan belajar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Author

Caledar

December 2010
M T W T F S S
    Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d bloggers like this: